Translate

Senin, 18 Februari 2013

Dalil 20rakaat shalat taraweh

Masalah rakaat sholat tarawih

Perlu di perhatikan !!!!!
Bahwa para imam mazhab yg 4,
Hanafi,maliki,syafi'i dan hanbali,tdk ada yg mengerjakan sholat tarawih 8 rakaat,

Coba perhatikan qaul di bawah dan fahami,

Dalam kitab albayan syarah muhazzab oleh imam abul hasan yahya bin abil khair al imrani wafat tahun 558,lebih tua dr imam nawawi yg jg pensyarah muhazzab yg dnamakan beliau al majmu,
قال الشافعي : ورأيتهم بالمدينة يقومون بتسع وثلاثين وبمكة بثلاث وعشرين وهو أحب إلي
Imam syafi'i berkata : aku melihat mereka di madinah mengerjakan qiyamu ramadhan dgn 36 rakaat dtmbah witir 3 rakaat,
Di mekah mengerjakan qiyamu ramadhan dgn 20 rakaat dtambah witir 3 rakaat,
Dan pekerjaan di mekah ini lbh aku pilih

وجملة ذلك أن التراويح عندنا عشرون ركعة بعشر تسليمات وبه قال أبو حنيفة وأحمد
Hasilnya itu : bhw sholat tarawih di sisi kami mazhab syafi'i berjumlah 20 rakaat dgn 10x salam,dan imam abu hanifah dan imam ahmad juga demikian berpendapat,

وقال مالك هو ست وثلاثون وتعلق بفعل أهل المدينة
Dan pendapat imam malik tarawih itu jumlahnya 36 rakaat,
Mengaitkan ia dgn yg di kerjakan orang2 di madinah,
Naaaah ini lah yang kita ikut dan kita pegang,yaitu 20 rakaat dgn witir 3 rakaat

Lalu yang ngerjakan 8 rakaat itu ikut mazhab imam siapa?
Tunggu dulu,kita jgn lgsg menyalahkan orang yg ngerjakannya 8 rakaat,

Dalam kitab al mashabih fi sholatit tarawih karangan imam jalaluddin assayuthi,beliau mengatakan
ولم يثبت أنه صلى الله عليه وسلم صلى عشرين ركعة
Tdk ada riwayat yg bs di pegang bhw nabi itu sholat 20 rakaat,
Adapun hadist
عن ابن عباس أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلى في رمضان عشرين ركعة والوتر
Dr ibnu abbas bhw rasul sholat pd bulan ramadhan 20 rakaat di tambah witir,
Imam sayuthi mengatakan hadist ini dhoif tdk bs di jadikan hujjah,
Krn pd rawi nya ada kecacatan yg fatal,
Yaitu ibrahim bin usman,
Imam ahmad bin hanbal,imam ibnu mu'in,imam darimi,imam abu dawud,imam abu hatim,imam albagdadi mengatakan bhw ibrahim ini dho'if,
Dan jumhur ulama ulama hadist lain nya mengatakan bhw ibrahim ini munkarul hadist dan matrukul hadist,
Tdk ada satu ulama hadist pun yg memuji beliau,wlwpn dalam riwayat beliau seorang qodhi,
Jadi hadist di atas adalah hadist dho'if jiddan,munkar,matruk,munqati' ,batil
Tdk bs di jadikan hujjah,

Lalu imam sayuti membwkan hadist shohih tntng siti aisyah di tanya tntng sholatnya rasul pd bulan ramadhan,beliau menjwb
ما كان يزيد في رمضان ولا في غيره على إحدى عشرة ركعة
Tdk ada rasul itu mengerjakan sholat malam pd bulan ramadhan dan bulan lain nya melebihi dr 11 rakaat,

Di sini menimbulkan 2 fahaman,
Di fhm dr jwbn st aisyah pd kalimat ramadhan,
1.Apakah rasul itu mengerjakan sholat tarawih 8 rakaat dan witir 3 rakaat,
Atau di fhm pd kalimat goiri ramadhan,
2.apakah rasul mengerjakan witir itu tdk lbh dr 11 rakaat,
Wallahu a'lam,

Adapun kata imam sayuthi dalam sunan baihaqi,dgn sanad sahih ,
عن السائب بن يزيد قال : كانوا يقومون على عهد عمر بن الخطاب في شهر رمضان بعشرين ركعة فإنه أولى بالإسناد وأقوى في الاحتجاج
Dr sa'ib bin yazid berkata : mereka mengerjakan qiyamu ramadhan pd masa kekhalifahan umar bin khattab itu dgn 20 rakaat,
Naah kejadian ini lbh aula sanadnya krn shahih dan lbh kuat untuk djadikan hujjah,

ada riwayat ibnu hibban yg trtls dlm ktb imam sayuti ini,yaitu hadist shohih dr jabir
أنه صلى بهم ثمان ركعات ثم أوتر
Bhw rasul sholat 8 rakaat kmdyn sholat witir,

Maka kata imam sayuthi lg,
فالحاصل أن العشرين ركعة لم يثبت من فعله صلى الله عليه وسلم
Kesimpulan nya bhw sholat 20 rakaat itu tdk di tetapkan dari trmsk perbuatan nabi
وما نقله عن صحيح ابن حبان غاية فيما ذهبنا إليه من تمسكنا بما في البخاري عن عائشة
فإنه موافق من حيث إنه صلى التراويح ثمانيا ثم أوتر بثلاث فتلك إحدى عشرة
Dan hadist dari shohih ibnu hibban itu adalah penghabisan pd pegangan kami,drpd memegang hadist siti aisyah yg driwayatkan bukhari,krn hadist ibnu hibban menjelaskan dr segi bhw rasul sholat tarawih 8 rakaat dan witir 3 rakaat lalu jdlah 11 rakaat

Lalu Aku liat dalam sahih ibnu hibban nash nya begini,
عن جابر قال رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم أناخ راحلته ثم نزل فصلى عشر ركعات ركعتين ركعتين ثم أوتر بواحدة وصلى ركعتي الفجر ثم صلى الصبح
Naah dr hadist ini di fhm,bhw rasul tdk sholat 8 rakaat dgn 3 rakaat witir,tp 10 rakaat dgn 1 witir,
Kmdyn beliau mengerjakan itu wkt dalam perjalanan dan bhkan waktu nya itu stlh sepertiga malam akhir di fhm dr kalimat sholat subuh,dan tdk ada cerita sahur di dalam nya,bs jd kejadian ini bkn di bulan ramadhan,

Jadi hasil mutalaah ku ini,aku yg bkn kiayi,bkn ustadz,bkn imam bkn siapa2 ini mengambil kesimpulan

1.bahwa sholat tarawih bkn yg ada di madinah jumlah nya 20 rakaat dtambah witir 3 rakaat

2.bhw sholat tarawih bagi yang ada di madinah jumlahnya 36 rakaat dtambah witir 3 rakaat

3.bhw sholat tarawih yg 8 rakaat jgn di salahkan,krn memang ada hadist yg menyatakan itu,tp cara pengerjaan nya dgn ayat yg panjang dan di kerjakan pd wkt sepertiga akhir malam mendekati wkt subuh,dan itu pun wkt dalam safar /perjalanan bepergian sesuai hadist diatas,
Jikalau mengerjakan yg 8 rakaat itu wkt hadir dgn ayat nya tdk panjang,dan tdk dalam wkt sepertiga mlm akhir mendekati subuh,maka itu patut di salahkan krn menyalahi sunnah atau nash hadist diatas,

4.lgpula tdk ada dr para imam imam mujtahid yg menyuruh mengerjakan tarawih 8 rakaat,tp minimal 20 rakaat,

Bagi yg bermazhab hanafi,syafi'i dan hanbali silahkan kerjakan tarawih 20 rakaat,
Bagi yg bermazhab maliki yg berada di madinah silahkan kerjakan 36 rakaat,adapun bagi yg di luar madinah,boleh 20 rakaat boleh 36,tp 20 rakaat lbh aula menurut para ulama malikiah bg yg dluar madinah,
Menurut syaikh abu hamid,36 rakaat itu lbh aku pilih,

Adapun yg 8 rakaat dgn pengerjaan yg ringan wkt nya tdk lwt tengah malam,ayatnya tdk panjang,di waktu hadir dtmpt bkn dalam keadaan musafir,aku tdk tau siapa yg berpendapat spt ini

Wal hasil di bulan puasa kita di suruh memperbanyak amal ibadah,bc alquran,bersedekah,dan menghindari perbuatan2 yg membatalkan pahal puasa kita,okeeee......

Jika ada yg salah dr tulisan ku ini maka mhn di luruskan,krn aku hanya manusia biasa yg msh bnyak kekurangan,
Tertanda penulis artekel ini
Mahmud al banjari martapura kalimantan selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar